Jumpa Abang None Jakarta 2014 (Bang Zulfikri dan Non Vina)

 In Info

Pemilihan Abang dan None Jakarta merupakan salah satu ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum muda di Jakarta. Dengan bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia, khususnya budaya Betawi, ajang yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1968 ini setiap tahunnya memilih dua orang pemenang yang akan mengharumkan nama Tanah Air di kancah internasional.

Abang dan None Jakarta tahun ini adalah Zulfikri Arif (26 tahun) dan Vina A. Muliana (21 tahun). Yuk bangnon kita kenalan dengan mereka.

Abang Jakarta 2014 Zulfikri Arif (26 tahun) adalah lulusan dari International Islamic University Malaysia dengan gelar MBA. Bang Zul memiliki tinggi 180 cm dan berat 87 Kg. Keinginan yang kuat untuk melestarikan wisata dan budaya Jakarta, terutama wisata Bahari menjadi motivasi yang kuat bagi Abang kelahiran Jakarta, 14 September 1988. Senyum tulus dan tutur kata yang baik selalu melekat ketika Abang satu ini berbicara.

meet-abnon-2014-2

None Jakarta 2014 Vina A. Muliana (21 tahun) adalah lulusan dari Universitas Padjajaran. Bukan hanya karena parasnya yang cantik atau pengetahuannya yang luas, namun Non Vina adalah pemenang None Jakarta pertama yang menggunakan jilbab. Kesuksesan None kelahiran 19 Januari 1994 dengan tinggi 177 cm dalam ajang bergengsi Abang None ini rupanya telah dipersiapkan dengan matang sejak tahun 2011. Pada mulanya Non Vina tertarik karena melihat acara pemilihan Abang None di televisi. Dukungan dari keluarga juga mendorongnya untuk mengikuti ajang ini dan telah membawanya menjadi pemenang None Jakarta Selatan 2014 yang kemudian maju menjadi None provinsi DKI Jakarta 2014.

Bang Zul dan Non Vina merasakan banyak manfaat dari mengikuti pemilihan Abang None Jakarta seperti pelatihan public speaking, informasi mengenai sejarah daerah di Jakarta, kebudayaan Betawi, menggunakan pakaian adat Betawi, serta menari tarian Betawi.
Selama menjadi Abang None Jakarta, Bang Zul dan Non Vina memiliki tugas untuk mendampingi Gubernur dan Walikota serta mengikuti program pemerintah di bidang kebudayaan. Mereka juga sempat berkunjung ke Berlin untuk misi promosi kebudayaan DKI Jakarta dan memperingati 20 tahun hubungan Sister City Berlin dan Jakarta. Selain itu juga mendampingi Gubernur DKI Jakarta untuk menandatangani kontrak Jakarta sebagai Host City Asian Games ke-18.

Menjadi Abang None Jakarta dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena siapa saja yang mengikutinya akan mendapatkan banyak ilmu yang tentunya bisa meningkatkan pribadi. Banyak kelebihan yang bisa dipetik dari ajang ini seperti public speaking, leadership, mengenal kebudayaan Jakarta lebih dalam, memiliki jaringan yang lebih luas terutama dalam pemerintahan.
Ini juga dapat menjadi ajang yang bagus untuk para pemuda-pemudi ibu kota untuk lebih mengenal budaya Betawi dan tentunya dapat menjadi cara untuk pengembangan diri.

Saat ini pendaftaran Abang None Jakarta 2015 sudah dibuka. Bagi Bang Non yang tertarik untuk ikutan yuk cari tau informasinya di masing masing wilayah:
Jakarta Utara: http://abnonutara.org/
Jakarta Barat: http://abnonbarat.org/
Jakarta Timur: http://www.abnontimur.com/
Jakarta Selatan: http://abnonselatan.com/
Kepulauan Seribu: http://www.abnonseribu.com/

Sumber: http://www.liputan6.com/

Leave a Comment